Disebuah perusahaan atau instansi, pasti tentunya terdapat peraturan-peraturan yang harus dipatuhi bagi setiap pegawainya, peraturan tersebut tentunya memiliki tujuan untuk membuat perusahaan mencapai tujuan nya dan tentunya membuat pegawai nya lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan nya masing-masing, peraturan peraturan tersebut biasanya dikenal dengan sop ( Standart Operasional Prosedur)
A. Pengertian :
Standard Operating Procedure atau biasa disebut dengan SOP merupakan suatu dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang akan dijalankan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan demi mendapatkan hasil kerja yang efektif dan efisien. Dimana SOP ini harus dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi sebagai panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap bagian yang ada. Jadi dapat disimpulkan, sop ini harus ada di setiap perusahaan agar menjadikan perusahaan itu berkembang dan memiliki tujuan
B. Manfaat SOP
Adapun Manfaat SOP antara lain :
- Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
- Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
- Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
- Memberikan informasi mengenai beban tugas yangdipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
- Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
- Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
C. Tujuan dibuatnya SOP
- Agar petugas pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
- Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
- Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas pegawai terkait.
- Melindungi organisasi unit kerja dan petugas pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
- untuk menghindari kegagalan, kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
D. Fungsi Standar SOP
- Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
- Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
- Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya danmudah dilacak
- Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
E. Kesimpulan :
Jadi dapat disimpulkan, SOP ini harus ada dalam perusahaan atau instansi, karena kenapa? dengan adanya SOP ini, tentunya perusahaan memiliki tujuan yang jelas, mengetahui apa yang harus dilakukan, dan tentunya membuat pegawainya menjadi lebih produktif dalam melakukan pekerjaannya masing-masing, sehingga dapat membuat sebuah perusahaan atau instansi menjadi lebih berkembang kedepannya.
0 Komentar untuk "Mengenal Standar Operasional Prosedur (SOP) "